Peran pondok pesantren dalam pengawasan perilaku santri : studi di Pondok Pesantren Nurul Amin Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Novitasari, Dian Angela (2024) Peran pondok pesantren dalam pengawasan perilaku santri : studi di Pondok Pesantren Nurul Amin Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026011_Dian_Angela_Novitasari] Text (Skripsi_1706026011_Dian_Angela_Novitasari)
1706026011_DIAN ANGELA NOVITASARI_BAB II - Rons Design.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (40kB)

Abstract

Pendidikan dan akhlaq menjadi sesuatu hal yang semestinya beriringan dalam pembentukan manusia yang baik. Bahkan dalam Islam manusia yang mulia harus beradab dan berilmu. Keberadaan adab dalam diri manusia menjadi hal penting sebelum ilmu. Yusuf bin Al Husain mengatakan bahwa “Dengan mepelajari adab, maka engkau akan mudah memahami sebuah ilmu”. Maka dari itu, adab sebelum ilmu sangat penting dalam menyempurnkan keilmuan seseorang. Keberhasilan Pendidikan akan berbanding lurus dengan langkah pengawasan yang dilakukan intansi dalam mengawasi berjalannya Pendidikan dan tingkah laku para anggotanya, hal ini tentunya merujuk pada para santri pondok pesantren Nurul Amin Kaliwungu. Pendidikan yang baik tidak hanya dalam teori, melainkan juga penerapan – penarapan yang sesuai dengan norma dan nilai yang ditetapkan. Penerapan tersebut berjalan dengan baik apabila adanya pengawasan – pengawasan yang baik pula dalam menunjang berjalannya proses pendidikan di pondok pesantren.
Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Amin Kaliwungu dengan analisis melalu fakta – fakta lapangan yang diambil dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi guna memperkuat temuan – temuan dari peneliti. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam menggambarkan peran pondok pesantren dalam pengawasan perilaku kedisiplinan para santri dengan dilihat dari kacamata sosiologi Biddle Thomas dalam teori peran (role theory). Kemudian data temuan dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Nurul Amin Kaliwungu menggunakan metode pengajaran kitab kuning dalam memberikan pemahaman secara teoritik dan pemberian teladan di lingkungan pondok sebagai pembiasaan yang harus dilakukan oleh para santri. Berdasarkan temuan yang ada di lapangan dapat dilihat dengan menggunakan teori peran (role theory) Biddle Thomas yang mana dalam teori ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa indikator dalam peranan pondok, yaitu posisi sosial, harapan sosial, wujud perilaku, norma, dan penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Pondok Pesantren; Pengawasan; Perilaku disiplin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 May 2025 04:10
Last Modified: 05 May 2025 04:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26355

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics