Peran sekolah dasar Islam dalam pendidikan kesehatan reproduksi : studi atas program pembinaan aqil baligh di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang
Rizquna, Faida (2024) Peran sekolah dasar Islam dalam pendidikan kesehatan reproduksi : studi atas program pembinaan aqil baligh di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1706026041_Faida_Rizquna]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1706026041_Faida_Rizquna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
SD Islam Al-Azhar 25 Semarang atau yang biasa disebut SDIA 25 mempunyai formula khusus dalam mengajarkan pendidikan kesehatan reproduksi kepada peserta didiknya. Formula khusus tersebut dituangkan dalam bentuk kegiatan �Pembinaan Aqil Baligh�. Kegiatan pembinaan aqil baligh dimulai pada tahun 2005 sampai sekarang. Kegiatan pembinaan aqil baligh tersebut dilakukan untuk membahas atau memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi kepada siswa atau peserta didik. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali anak atau peserta didik dalam menghadapi masa balighnya. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penanaman pendidikan kesehatan reproduksi di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang dalam kegiatan pembinaan aqil baligh, dan beberapa dampak dari pendidikan kesehatan reproduksi di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang dalam kegiatan pembinaan aqil baligh.
Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons dalam penelitian untuk menganalisis fungsi dan struktur di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang khususnya dalam kegiatan pembinaan aqil baligh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Adapun data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapat melalui observasi, indepth interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data induktif. Di dalam melakukan analisis data, peneliti mengacu kepada tiga tahap analisis yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembinaan aqil baligh ditanamkan pendidikan kesehatan reproduksi dari segi agama dengan menanamkan nilai-nilai keislaman meliputi tauhid, fiqih, aqidah akhlak, serta ditanamkan pendidikan kesehatan reproduksi dari segi ilmu sains yang meliputi pendidikan kesehatan reproduksi dari segi biologi, dan pendidikan kesehatan reproduksi melalui �Safe and care Your Body� (amankan dan rawat tubuhmu). Dan dampak dari pendidikan kesehatan reproduksi dalam kegiatan pembinaan aqil baligh terhadap anak-anak adalah anak-anak menjadi lebih siap dalam menghadapi usia baligh serta perkembangan zaman. Serta dampak dari pendidikan kesehatan reproduksi dalam kegiatan pembinaan aqil baligh terhadap sekolah adalah SD Islam Al-Azhar 25 Semarang berhasil menjadi sekolah ramah anak. Dalam hal ini sekolah, guru, siswa, orang tua saling menyatu satu dengan lainnya dalam sebuah keseimbangan, menghasilkan sebuah perubahan untuk mencapai tujuan bersama mempersiapkan anak secara matang dalam menghadapi usia baligh serta perkembangan zaman.
ABSTRACT:
Al-Azhar 25 Islamic Elementary School Semarang or commonly known as SDIA 25 has a special formula in teaching reproductive health education to its students. The special formula is outlined in the form of the "Aqil Baligh Development" activity. The aqil baligh coaching activity began in 2005 until now. The aqil baligh coaching activity is conducted to discuss or provide knowledge about reproductive health to students or learners. The activity aims to equip children or students in facing their puberty. Based on this background, this research aims to find out the form of reproductive health education in Al-Azhar 25 Islamic Elementary School Semarang in the activities of guidance for aqil baligh, and some impacts of reproductive health education in Al-Azhar 25 Islamic Elementary School Semarang in the activities of guidance for aqil baligh.
This research uses Talcott Parsons' structural functionalism theory in the research to analyze the function and structure in Al-Azhar 25 Islamic Elementary School Semarang, especially in the activities of fostering aqil baligh. This research uses qualitative research methods with a narrative approach. The data in this study are primary data and secondary data obtained through observation, indepth interviews, and documentation. The data analysis technique used is inductive data analysis technique. In analyzing the data, researchers refer to three stages of analysis, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing or verification.
The results of this study indicate that in the activities of fostering aqil baligh, reproductive health education is instilled in terms of religion by instilling Islamic values including tawhid, fiqh, aqidah akhlak, and reproductive health education is instilled in terms of science which includes reproductive health education in terms of biology, and reproductive health education through "Safe and care Your Body". And the impact of reproductive health education in the activities of fostering aqil baligh on children is that children become more prepared in facing the age of baligh and the times. And the impact of reproductive health education in aqil baligh coaching activities on schools is that Al-Azhar 25 Islamic Elementary School Semarang has succeeded in becoming a child-friendly school. In this case, the school, teachers, students, parents are united with each other in a balance, producing a change to achieve the common goal of preparing children maturely in facing the age of puberty and the development of the times.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsionalisme struktural; Pendidikan; Kesehatan reproduksi; Aqil baligh |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 06 May 2025 04:12 |
Last Modified: | 06 May 2025 04:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26361 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year