Gaya hidup remaja penggemar Korean Wave : studi pada SMAN 2 Ungaran, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
Afifah, Nabila Farah (2024) Gaya hidup remaja penggemar Korean Wave : studi pada SMAN 2 Ungaran, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1806026090_Nabila_Farah_Afifah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1806026090_Nabila_Farah_Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Korean wave merupakan fenomena budaya populer yang mempengaruhi gaya hidup remaja. Korean wave lebih banyak disukai oleh kalangan remaja karena menganggap K-Pop lebih kekinian dan keren. Korean wave mengambil aspek dalam kehidupan sehari-hari baik dari musik, drama, fashion, dan kuliner. Pemilihan konsumsi produk budaya akan terwujud ke dalam gaya hidup seperti keinginan untuk mempelajari bahasa Korea, mencoba makanan Korea, meniru gaya hidup sehat ala idol K-Pop, dan membeli barang-barang online seperti pernak-pernik yang berhubungan dengan idolnya serta mendengarkan musik K-Pop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeksripsikan bentuk perilaku konsumsi dilakukan oleh siswa penggemar Korean wave di SMAN 2 Ungaran, ekspresi dalam gaya hidupnya dan dampaknya dalam perilaku siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi non partisipasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sumber data didapat dari data primer yang berasal dari informan langsung melalui wawancara dan data sekunder bersumber dari foto maupun buku, jurnal, dan lain sebagainya yang mendukung hasil penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang menyukai Korean wave di SMAN 2 Ungaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori budaya konsumen untuk dapat melihat perilaku konsumsi pada siswa. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis induktif melalui reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dari hasil penelitian.
Hasil dari penelitian ini menandakan adanya gaya hidup yang tampak pada siswa yang menggemari Korean wave di SMAN 2 Ungaran. Simulasi berulang melalui tayangan drama Korea, mendengarkan musik Korea (K-Pop), dan media sosial telah membentuk pilihan konsumsi produk Korean wave dalam membelanjakan uangnya. Mereka membeli makanan atau jajanan dari Korea Selatan, fashion, dan membeli merchandise K-Pop. Korean wave juga berdampak pada perilaku siswa penggemar Korean wave. Korean wave mampu memberikan dampak baik secara individual maupun sosial. Dampak individual berupa motivasi diri serta konstruksi identitas diri pada siswa. Sementara dampak sosial berupa mendapat relasi teman sebaya sesama kpopers di lingkungan sekolah dan menambah relasi teman di luar daerah melalui akun fanbase yang diikuti oleh siswa. Dengan demikian, fenomena Korean wave sangat berpengaruh terhadap gaya hidup para siswa penggemar Korean wave di SMAN 2 Ungaran.
ABSTRACT:
The Korean wave is a popular culture phenomenon that influences teenagers lifestyle. The Korean wave is more liked by teenagers because they think K-Pop is more contemporary and cool. The Korean wave takes aspects of everyday life from music, drama, fashion and culinary. The choice to consume cultural products will manifest into a lifestyle such as the desire to learn Korean, try Korean food, imitate the healthy lifestyle of K-Pop idols, and buy online goods such of snacks related to the idol and listening to K-Pop music. The purpose of this study is to determine dan describe the form of consumption behavior carried out by Korean wave fan students at SMAN 2 Ungaran, the expression in their lifestyle and its impact on student behavior.
This research uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection was carried out using non participatory observation, semi structured interviews, and documentation. Data sources were obtained from primary data originating from informants directly through interviews and secondary data sourced from photo and books, journals, etc which supported the research results. The subject in this research were students who liked the Korean wave at SMAN 2 Ungaran. The theory used in this research is consumer culture theory to be able to see consumption behavior in students. In analyzing data, researchers used inductive analysis through data reduction, data presentation and drawing conclusions from research results.
The results of this research that there is a lifestyle that can be seen in students who are fans of Korean wave at SMAN 2 Ungaran. Repeated simulations through watching Korean dramas, listening to Korean music (K-Pop), and social media heve shaped the consumption choices of Korean wave products in spending their money. They buy food or snack from Southe Korea, fashion, and buy K-Pop merchandise. Korean wave also has an impact on the behavior of Korean wave fan students. Korean wave is ables to have an impct both individually an socially. The indivisual impact is in the form of self motivation and self identity construction in students. While the social impact is in the form of gaining peer relationships with fellow kpopers in the school environment and adding friends outside the area through fanbase accounts followed by students. Thus, the Korean wave phenomenon is very influential on the lifestyle of Korean wave fan students at SMAN 2 Ungaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya hidup; Remaja; Korean wave |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 07 May 2025 00:51 |
Last Modified: | 07 May 2025 00:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26372 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year