Fenomena cyber roleplay : studi Komunitas Kota Kita Grand Theft Auto
Pradana, Raihan Ardiansyah (2024) Fenomena cyber roleplay : studi Komunitas Kota Kita Grand Theft Auto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2006026004_Raihan_Ardiansyah_Pradana]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2006026004_Raihan_Ardiansyah_Pradana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Fenomena cyber roleplay merupakan sebuah akun untuk mengakses karakter yang akan kita perankan melalui media sosial, permaian online ataupun media lainnya. Pengguna roleplay atau disingkat sebagai RP saat ini sudah terdengar tidak asing lagi, apalagi dengan banyaknya roleplayer (pemain peran) yang sudah tersebar luas di media sosial. Awal mula masuknya roleplay ini melalui media sosial twitter. Rata-rata para roleplayer di mainkan oleh mayoritas para remaja di Indonesia yang memakai karakter seperti idola K-Pop, Artis western, beserta tokoh anime. Melalui komunitas Kota Kita Grand Theft Auto Roleplay peneliti memiliki tiga rumusan masalah yaitu apa saja bentuk roleplay yang dimainkan oleh anggota komunitas, mengapa mereka mengambil jenis peran tersebut, dan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pengambilan peran pada anggota komunitas ini.
Penelitian ini merupakan penelitian digital dengan menjadikan platfrom media sosial Discord sebagai penelitian dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan netnografi yang mana informan disini didapatkan melalui observasi di permainan Grand Theft Auto roleplay dan di dalam discord komunitas Kota Kita Grand Theft Auto roleplay. Data sekunder yaitu bersumber dari buku, jurnal, artikel, serta dokumen-dokumen. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan tehnik purposive dengan jumlah informan yaitu delapan orang. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori dramaturgi milik Erving Goffman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua jenis roleplay yang diberikan oleh komunitas Kota Kita Grand Theft Auto roleplay, yaitu: whitelist dan badside. Whitelist merupakan jenis roleplay yang dapat memilih para pemain berperan sebagai pekerjaan dalam sisi baik yang memiliki 6 bentuk pekerjaan, yaitu polisi, trans, pemerintah, EMS, pedagang, dan bengkel, sedangkan badside adalah jenis roleplay yang dapat memilih pekerjaan dalam sisi buruk ada 3 bentuk pekerjaan yang disediakan, yaitu kartel, mafia, dan perampok. Dampak yang didapatkan anggota komunitas Kota Kita Grand Theft Auto roleplay dari pemilihan kedua jenis roleplay ada dua jenis dampak, yaitu pengembangan diri dan prokrastinasi.
ABSTRACT:
The cyber roleplay phenomenon is an account to access characters that we will play through social media, online games or other media. Roleplay users or abbreviated as RP are currently familiar, especially with the many roleplayers (role players) that are already widespread on social media. The beginning of the entry of this roleplay through social media Twitter. On average, roleplayers are played by the majority of teenagers in Indonesia who use characters such as K-Pop idols, Western artists, and anime characters. Through the Kota Kita Grand Theft Auto Roleplay community, researchers have three problem formulations, namely what forms of roleplay are played by community members, why do they take these types of roles, and what impacts are caused by taking roles on members of this community.
This research is a digital research by using the Discord social media platform as a research with a qualitative method. This research uses a netnographic approach where the informants here are obtained through observations in the Grand Theft Auto roleplay game and in the Kota Kita Grand Theft Auto roleplay community discord. Secondary data comes from books, journals, articles, and documents. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation. Determination of informants was carried out using purposive techniques with eight informants. Data analysis was carried out by data reduction, presenting data, and drawing conclusions. Data analysis in this study was carried out using Erving Goffman's dramaturgy theory.
The results of this study indicate that there are two types of roleplay provided by the Kota Kita Grand Theft Auto roleplay community, namely: whitelist and badside. Whitelist is a type of roleplay that can choose players to play as jobs on the good side which have 6 forms of work, namely police, trans, government, EMS, traders, and workshops, while badside is a type of roleplay that can choose jobs on the bad side there are 3 forms of work provided, namely cartels, mafia, and robbers. The impacts obtained by members of the Kota Kita Grand Theft Auto roleplay community from choosing the two types of roleplay are two types of impacts, namely self-development and procrastination.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunitas virtual; Cyber roleplay; Komunitas discord; Media sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:31 |
Last Modified: | 15 May 2025 01:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26399 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year