Upaya membentuk kepercayaan diri perempuan melalui media sosial TikTok : studi akun TikTok @juliarimbaa
Rahmawati, Mia (2024) Upaya membentuk kepercayaan diri perempuan melalui media sosial TikTok : studi akun TikTok @juliarimbaa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2006026007_Mia_Rahmawati]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2006026007_Mia_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Masalah kepercayaan diri merupakan sebuah masalah yang dialami setiap individu, dengan munculnya kemudahan akses internet, dan perkembangan media sosial membuat setiap orang bebas bersuara memberikan padangannya tentang standar kecantikan, hal ini menyebabkan banyaknya pendapat-pendapat yang mempengaruhi perasaan rendah diri atau ketidakpercayaan diri seseorang dikarenakan merasa dirinya tidak sesuai standar kecantikan Sebagian orang. Melalui akun TikTok @juliarimbaa, pandangan-pangan tentang standar kecantikan yang dirasa merugikan sebagaian orang tidak memenuhi standar, konten-konten ini dibuat dengan tujuan menghilangkan standar-standar yang telah ditetapkan sebagaian orang, lewat konten ini, pembuat konten menginginkan setiap orang harus menghargai dirinya sendiri dan mengupayakan bagaimana cara seseorang punya nilai diri yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk konten yang dihasilkan akun TikTok @juliarimbaa beserta alasan pembuatan konten tersebut dan untuk mengetahui dampak yang dihasilkan dari konten tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitif dengan menggunakan pendekatan netnografi. Penelitian berjenis penelitian digital. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini bersumber dari informan penelitian yaitu, admin akun TikTok, founder akun, dan para pengikut aktif akun. Sedangkan data sekunder bersumber dari buku, artikel jurnal, serta dokumentasi lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi langsung, dengan wawancara yang tidak terstruktur, informan yang dipilih melalui teknik purposive dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori praktik sosial miliki Pierre Bourdieu.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat berbagai konten pada akun TikTok @juliarimbaa yaitu: (1) konten personal color, pemahaman tentang undertone yang tepat bagi seseorang, (2) konten stop insecure, adalah konten yang berisi ajakan untuk keluar dari pemikiran dan perasaan rendah diri, (3) konten pelajaran kepercayaan diri adalah konten yang menjelaskan cara bertingkah laku di tempat umum atau saat sedang berada di keramain agar tetap percaya diri, (4) konten inspirasi, adalah konten yang berisikan arahan dan saran untuk individu bisa meningkatkan nilai diri, konten ini dikemas dalam bentuk berbagi tips. Dampak yang ditimbulkan oleh konten kepercayaan diri pada para informan yaitu dampak psikologis meliputi peningkatan kepercayaan diri dan perubahan pola pikir, dampak perilaku meliputi perubahan kemampuan bersosialisasi dan pembentukan kebiasaan baru, dan dampa terakhir adalah dampak ekonomi yang meliputi keterlibatan kegiatan kewirausahan dan menjadi endorser.
ABSTRACT:
The problem of self-confidence is a problem experienced by every individual, with the advent of easy access to the internet, and the development of social media makes everyone free to give their views on beauty standards, this causes many opinions that affect feelings of inferiority or distrust of one’s self because they feel they do not fit the standards of beauty of some people. Through the TikTok account @juliarimbaa, views on beauty standards that are felt to be detrimental to some people do not meet standards, these contents are made with the aim of eliminating the standards that have been set by some people, through this content, content creators want everyone to respect themselves and strive for how someone has high self-value. This study aims to determine the forms of content produced by the TikTok account @juliarimbaa along with the reasons for creating the content and to determine the impact generated from the content.
This research is a qualitative research using netnography approach. Research manifold digital research. The data sources used in this study are primary data and secondary data. The primary Data in this study came from research informants, namely, TikTok account admins, account founders, and active account followers. While the secondary data is sourced from books, journal articles, and other documentation. Data collection techniques in this study using direct observation, with unstructured interviews, informants selected through purposive techniques and documentation. Data analysis using Pierre Bourdieu’s theory of social practice.
The results of this study found that there are various contents on the @juliarimbaa TikTok account, namely: (1) personal color content, an understanding of the right undertone for a person, (2) stop insecure content, is content that contains an invitation to get out of thoughts and feelings of inferiority, (3) self-confidence lesson content is content that explains how to behave in public places or while, this content is packaged in the form of sharing tips. The impact caused by self-confidence content on informants is the psychological impact includes increased confidence and changes in mindset, behavioral impact includes changes in sociability and the formation of new habits, and the last dampa is the economic impact which includes the involvement of entrepreneurial activities and become an endorser.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan diri; TikTok; Perempuan |
Subjects: | 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:44 |
Last Modified: | 15 May 2025 01:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26401 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year