Fenomena fear of missing out (FoMO) dalam bermedia sosial : studi pengguna TikTok di kalangan mahasiswa FISIP UIN Walisongo
Ulya, Azimatul (2024) Fenomena fear of missing out (FoMO) dalam bermedia sosial : studi pengguna TikTok di kalangan mahasiswa FISIP UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2006026030_Azimatul_Ulya]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2006026030_Azimatul_Ulya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Media sosial merupakan sebuah platform yang ditemukan di situs jejaring sosial yang mengajak penngguna untuk berkolaborasi, berkomunikasi, berbagi konten, dan memamerkan diri dalam upaya membangun jejaring sosial online. Keberadaan platform TikTok saat ini mempermudah individu dalam menemukan berbagai hal, tetapi dengan adanya akses yang sangat mudah ini dapat menyebabkan kecemasan sosial yang dikenal sebagai Fear of Missing Out (FoMO). Seseorang dapat dikatakan FoMO bila mengalami ketakutan atau cemas ketika pengguna media sosial melihat antusiasme pengguna lain di jejaring sosial manakala mendorong pengguna untuk terus berupaya menjaga keterhubungan dengan kegiatan pengguna lain di media sosial. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui alasan mahasiswa FISIP UIN Walisongo mengalami Fear of Missing Out (FoMO) pada platform TikTok serta bentuk Fear of Missing Out (FoMO) yang terjadi pada mahasiswa FISIP UIN Walisongo pengguna TikTok.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menjadikan platform media sosial TikTok sebagai lapangan penelitian dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan netnografi yang mana informan di sini didapatkan melalui mesin pencarian pada platform TikTok. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data primer yang bersumber langsung dari informan penelitian yaitu mahasiswa FISIP UIN Walisongo pengguna TikTok dan data sekunder yang bersumber dari buku, artikel, jurnal, serta dokumen-dokumen. Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive dengan jumlah informan yaitu delapan orang. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman dengan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori konstruksi sosial milik Peter L. Berger dan Thomas Luckmann.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui platform media sosial TikTok, pengguna dapat melihat aktivitas pengguna lain yang dapat memicu perbandingan sosial yang mana memperkuat seseorang untuk menjadi FoMO yang kemudian menjadi kebiasaan jika dilakukan secara obsesi kompulsif, memicu terjadinya perilaku impulsive buying, dan cenderung untuk membangun citra diri yang lebih baik melalui konten yang ia bagikan. FoMO dan gaya hidup juga saling berkaitan erat bila dapat memanfaatkannya guna menaikkan popularitas. Namun juga dapat menimbulkan dampak akibat seseorang sering memenuhi akan gaya hidup dan ke-FoMO-annya seperti konsumtif, hedonisme, individualisme, hingga stres.
ABSTRACT:
Social media is a platform found on social networking sites that invites users to collaborate, communicate, share content, and showcase themselves in an effort to build online social networks. The existence of the TikTok platform currently makes it easier for individuals to find things, but this very easy access can cause social anxiety known as Fear of Missing Out (FoMO). A person can be said to be FoMO when experiencing fear or anxiety when social media users see the enthusiasm of other users on social networks when it encourages users to continue to try to maintain connection with other users’ activities on social media. Therefore, the purpose of this study is to determine the reasons why FISIP UIN Walisongo students experience Fear of Missing Out (FoMO) on the TikTok platform and the form of Fear of Missing Out (FoMO) that occurs in FISIP UIN Walisongo students who use TikTok.
This research is a field research by making the TikTok social media platform as a research field with qualitative methods. This research uses a netnography approach where informants here are obtained through a search engine on the TikTok platform. The data sources used in this research are primary data sourced directly from research informants, namely FISIP UIN Walisongo students who use TikTok and secondary data sourced from books, articles, journals, and documents. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation. Determination of informants was carried out using purposive techniques with the number of informants being eight people. Analysis was carried out using the Miles and Huberman analysis technique with data reduction, data exposure, and conclusion drawing. Data analysis in this study was carried out using Peter L. Berger and Thomas Luckmann's social construction theory.
The results of this study show that through the TikTok social media platform, users can see other users' activities which can trigger social comparisons which strengthen a person to become FoMO which then becomes a habit if done obsessively compulsively, triggers impulsive buying behavior, and tends to build a better self-image through the content he shares. FoMO and lifestyle are also closely related if one can utilize it to increase popularity. However, it can also cause impacts due to a person often fulfilling their lifestyle and FoMO such as consumptive, hedonism, individualism, and stress.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FoMO; Media sosial; TikTok; Konstruksi sosial; Identitas sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 May 2025 05:56 |
Last Modified: | 15 May 2025 05:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26411 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year