Strategi pembelajaran efektif guru dalam rangka penerapan program kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 43 Semarang
Naufal, Ahmad Faiz (2024) Strategi pembelajaran efektif guru dalam rangka penerapan program kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 43 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1703016045_Ahmad_Faiz_Naufal]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1703016045_Ahmad_Faiz_Naufal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Efektif Guru dalam rangka Penerapan Program Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 43 Semarang tahun ajaran 2024/2025.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pokok-pokok permasalahan permasalahan yaitu 1. Bagaimana pemilihan stratgei pembelajaran efektif guru dalam penerapan program kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 43 Semarang? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemilihan strategi pembelajaran efektif guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 43 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 43 Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang Strategi pembelajaran efektif guru dalam rangka penerapan kurikulum merdeka belajar di SMP. Data diperoleh dengan melalui wawancara dan observasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisi deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru di SMP Negeri 43 Semarang dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan pemilihan strategi pembelajaran yang efektif berjalan dengan baik. Ada tiga strategi efektif yang digunakan guru pada pembelajaran dengan kurikulum merdeka belajar, yaitu Pembelajaran berbasis Proyek, Pembelajaran berbasis Masalah dan Pembelajaran berbasis Teknologi. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran efektif guru dengan penerapan program kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 43 Semarang, diantarnya partisipasi siswa dan kreativitas pendidik. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak yaitu masalah ekonomi dan keterbatasan teknologi. Berdasarkan temuan tersebut sekolah diharapkan mampu untuk meningkatkan segala bentuk kualitas pembelajaran berdasarkan pemilihan strategi yang efektif agar siswa mampu mendapatkan pembelajaran yang nyaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Pembelajaran efektif; Guru; Kurikulum; Merdeka belajar; Siswa SMP |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:41 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26449 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year