Pembiasaan salat dhuha berjamaah dan kontribusinya dalam pembentukan motivasi belajar siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang

Hidayati, Nur Laili (2024) Pembiasaan salat dhuha berjamaah dan kontribusinya dalam pembentukan motivasi belajar siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016087_Nur_Laili_Hidayati] Text (Skripsi_1703016087_Nur_Laili_Hidayati)
Skripsi_1703016087_Nur_Laili_Hidayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembiasaan salat dhuha berjamaah di MTs Negeri 2 Kota Semarang, untuk mengetahui kontribusi kegiatan pembiasaan salat dhuha berjamaah dalam pembentukan motivasi belajar siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjamaah dalam pembentukan motivasi belajar siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam ini adalah kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengambil objek penelitian di MTs Negeri 2 Kota Semarang dengan responden dalam penelitian ini diantaranya Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru-Guru, dan juga Siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembiasaan salat dhuha berjamaah di MTs Negeri 2 Kota Semarang memiliki kontribusi dalam pembentukan motivasi belajar siswa sekolah itu sendiri. Hal ini dapat dilihat dari terlaksananya kegiatan pembiasaan salat dhuha berjamaah dengan baik melalui tahap persiapan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Selain itu juga dapat diketahui dari kondisi siswa yang terlihat lebih baik setelah melaksanakan kegiatan pembiasaan salat dhuha berjamaah, seperti siswa lebih bersemangat, memiliki konsentrasi tinggi, lebih aktif bertanya dan berpendapat, serta siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan tertib dan tenang. Faktor pendukung kegiatan ini yaitu ditetapkannya kegiatan salat dhuha berjamaah menjadi program unggulan di MTs Negeri 2 Kota Semarang, antusiasme siswa dan para guru terhadap adanya kegiatan ini, dukungan para orang tua, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan ini tdak terlalu signifikan dan dapat diselesaikan dengan seksama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan; Salat dhuha; Kontribusi; Motivasi belajar; Siswa MTs
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 May 2025 07:41
Last Modified: 21 May 2025 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26456

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics