Strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MTs swasta Hidayatussibyan Lancar Kabupaten Wonosobo

Ratmawati, Rina Estu (2024) Strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MTs swasta Hidayatussibyan Lancar Kabupaten Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036022_Rina Estu Ratmawati_Full Skripsi - rina estu] Text (Skripsi_1703036022_Rina Estu Ratmawati_Full Skripsi - rina estu)
Skripsi_1703036022_Rina Estu Ratmawati_Full Skripsi - rina estu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran menjadi salah satu pondasi utama di dalam proses rekrutmen calon siswa baru, karena strategi yang efektif dan efesien serta sesuai dengan kondisi lapangan akan mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan, apa saja hambatan dan apa saja solusi pada strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MTS Swasta Hidayatussibyan Lancar Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MTS Swasta Hidayatussibyan Lancar Kabupaten Wonosobo menggunakan strategi pemasaran bauran, digital marketing, konvensional, kerjasama stakeholder, pemanfaatan alumni dan siswa, dan strategi pemasaran mengadakan dan mengikuti event. (2) Hambatan pada strategi pemasaran bauran adalah implementasi di luar jam kerja, strategi digital marketing adalah kurangnya pengikut di akun media social dan minimnya pemahaman teknologi, strategi konvensional adalah keterbatasan jangkauan informasi pada brosur konvensional dan spanduk, strategi kerjasama stakeholder, alimni dan siswa adalah tidak ada insentif yang diberikan, dan hambatan pada strategi pemasaran mengadakan dan mengikuti event adalah kesulitan menentukan aktu evant dan keterbatasan sumber daya manusia dalam mengikuti lomba. (3) solusi pada hambatan strategi bauran adalah melibatkan guru dan staf mengikuti kegiatan sosial, strategi digital marketing adalah sebar brosur ke berbagai grup WhatsApp, Facebook, dan Telegram, strategi konvensional adalah manfaatkan promosi online, strategi kerjasama stakeholder adalah membantu stakeholder mempromosikan produk, lakukan follow up melalui komunikasi, kunjungan, dan maintainalimni, startegi pemanfaatan lumni dan siswa adalah memberi motivasi, dan solusi pada hambatan strategi pemasaran mengadakan dan mengikuti event adalah mengadakan event pada hari-hari penting nasional an menyediakan pelatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepala madrasah; Pemasaran; Jasa pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 May 2025 07:02
Last Modified: 22 May 2025 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics