Pengaruh peranan bimbingan orang tua dalam frekuensi bermain smartphone terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Sidoluhur 02 Jaken Pati
Nafisah, Siti (2024) Pengaruh peranan bimbingan orang tua dalam frekuensi bermain smartphone terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Sidoluhur 02 Jaken Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1703016097_Siti_Nafisah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1703016097_Siti_Nafisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab (1) Bagaimana peranan bimbingan orang tua dalam frekuensi bermain smartphone di SDN Sidoluhur 02 Jaken Pati (2) Bagaimana Hasil belajar siswa SDN Sidoluhur 02 Jaken Pati (3) Adakah pengaruh yang sigfinikan antara peranan bimbingan orang tua dalam frekuensi bermain smartphone terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Sidoluhur 02 Jaken Pati.
Penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan merupakan suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada dilapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa angka-angka yang terkumpul sebagai hasil penelitian, dan dianalisis dengan menggunakan metode statistika. Untuk menguji hipotesis tersebut, maka menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket untuk mendapatkan data tentang peranan bimbingan orang tua dalam frekuensi bermain smartphone (variabel X) dan hasil belajar siswa (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh peranan bimbingan orang tua dalam frekuensi bermain smartphone mempunyai nilai rata-rata sebesar 139,27, termasuk kategori “sedang” yaitu berada pada interval 119-142. Sedangkan, nilai rata-rata hasil belajar sebesar 81,64, termasuk kategori “sedang” yaitu berada pada interval 77-83. Berdasarkan data dari hasil output SPSS 29.0 bahwa nilai F hitung = 12,459 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. sehinggga sesuai dengan pengambilan keputusan uji regresi linier sederhana, dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan bimbingan orang tua dalam frekuensi bermain smartphone terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Sidoluhur 02 Jaken Pati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan orang tua; Frekuensi bermain; Smartphone; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 26 May 2025 04:21 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26476 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year