Pengaruh jenis layanan dan koleksi perpustakaan terhadap minat baca peserta didik di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang
Utari, Sri (2024) Pengaruh jenis layanan dan koleksi perpustakaan terhadap minat baca peserta didik di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003036051_LAILA_ANA_ARIFAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003036051_Laila Ana Arifah_Lengkap Tugas Akhir - LAILA ANA ARIFAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Minat baca peserta didik merupakan salah satu aspek yang mendorong peserta didik untuk datang ke perpustakaan. perpustakaan dapat dikatakan baik apabila memiliki layanan yang berkualitas dan mempunyai koleksi yang bervariatif sesuai kebutuhan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui pengaruh layanan perpustakaan terhadap minat baca peserta didik di perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang, 2. Mengetahui pengaruh koleksi perpustakaan terhadap minat baca peserta didik di perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang, 3. Mengetahui pengaruh layanan dan koleksi perpustakaan terhadap minat baca peserta didik di perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan data statistik. Populasi penelitian ini terdiri dari 1.181 peserta didik dan sampel yang diambil sebanyak 92 peserta didik menggunakan rumus Slovin. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan perpustakaan terhadap minat baca dengan nilai thitung sebesar 5,261 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan koleksi perpustakaan terhadap minat baca dengan nilai thitung sebesar 6,078 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara layanan dan koleksi perpustakaan terhadap minat baca peserta didik, dengan nilai fhitung 20,287 > ftabel 3,10 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian uji koefisien determinasi sebesar 31,3%, sementara sisanya sebesar 68,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dalam upaya meningkatkan minat baca peserta didik, disarankan perpustakaan memberikan layanan yang lebih optimal, menyediakan koleksi buku yang lebih bervariatif, terutama buku bacaan pendamping pembelajaran, meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia perpustakaan, serta memaksimalkan pelayanan online agar koleksi dan layanan dapat diakses secara online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Perpustakaan; Koleksi Perpustakaan; Minat Baca. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 26 May 2025 08:09 |
Last Modified: | 26 May 2025 08:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26500 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year