Strategi meningkatkan mutu partisipasi masyarakat di MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Hidayah, Nuriyatul (2024) Strategi meningkatkan mutu partisipasi masyarakat di MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003036013_NURIYATUL HIDAYAH_LENGKAP]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003036013_NURIYATUL HIDAYAH_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Strategi meningkatkan mutu partisipasi masyarakat di lembaga pendidikan merupakan langkah penting dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Tantangan dalam lembaga pendidikan di masa depan dapat dihadapi dengan baik apabila lembaga pendidikan menerapkan strategi dan pendekatan yang efektif. Namun, di lembaga pendidikan lain masih terdapat beberapa kendala seperti minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya partisipasi mereka di dalam pendidikan, minimnya akses informasi mengenai kegiatan MI, minimnya komunikasi yang baik antara pengelola MI dengan masyarakat, serta minimnya keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi meningkatkan mutu partisipasi masyarakat dan hasil strategi dalam peningkatan mutu partisipasi masyarakat di MI Takhasus Darul Ulum.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi yang dilakukan oleh MI Takhasus Darul Ulum dalam meningkatkan mutu partisipasi masyarakat.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi yang dilakukan MI Takhasus Darul Ulum dalam meningkatkan mutu partisipasi masyarakat sudah menghasilkan hasil yang sesuai dengan yang madrasah harapkan, masyarakat dan wali murid aktif terlibat dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan, misalnya menjadi panitia dalam kegiatan khotmil qur’an dan mini show, memberdayakan wali murid dalam kegiatan market day, menjadi juri dalam fashion show dan aransi kelas, menjadi tukang dalam pembangunan gedung madrasah, menjadi guru dalam kegiatan parent teach us, sebagai stakeholder dalam pengambilan keputusan, sebagai donatur dalam pembangunan gedung, sebagai pelatih dalam ektra pencak silat, sebagai narasumber dalam pelatihan kurikulum merdeka, serta sebagai ustadz maupun ustadzah dalam ekstra qiro’ati. Hasil dari strategi ini memberikan banyak manfaat, seperti mengurangi biaya di dalam berbagai kegiatan, memudahkan panitia dalam mencari juri, dapat meningkatkan rasa memiliki terhadap madrasah, dan kepedulian terhadap suatu lembaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu; Partisipasi masyarakat; Pendidikan; Guru; Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 May 2025 02:44 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26508 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year