Strategi penguatan literasi dalam mendukung kurikulum merdeka belajar di MI Taufiqiyah Semarang

Arifah, Laila Ana (2024) Strategi penguatan literasi dalam mendukung kurikulum merdeka belajar di MI Taufiqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2003036051_LAILA_ANA_ARIFAH] Text (SKRIPSI_2003036051_LAILA_ANA_ARIFAH)
2003036051_Laila Ana Arifah_Lengkap Tugas Akhir - LAILA ANA ARIFAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tingkat literasi di Indonesia masih rendah, sebagaimana tercermin dalam survei PISA 2022 yang menempatkan Indonesia di peringkat 69 dari 80 negara. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah telah menerapkan kebijakan Merdeka Belajar, yang menekankan pentingnya literasi dalam kurikulum inti. Kondisi tingkat literasi peserta didik di MI Taufiqiyah Semarang sendiri juga masih rendah karena anak-anak lebih tertarik bermain ponsel pintar dan game dibandingkan membaca. MI Taufiqiyah Semarang, yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar selama dua tahun, tentunya telah mengembangkan berbagai strategi untuk meningkatkan literasi peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penguatan literasi dalam mendukung Kurikulum Merdeka Belajar di MI Taufiqiyah dan faktor-faktor yang mendukung strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data utama diperoleh dari pengamatan langsung dan wawancara dengan kepala madrasah, pendidik, pustakawan serta peserta didik di MI Taufiqiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Taufiqiyah menerapkan strategi penguatan literasi melalui pengembangan lingkungan kaya teks, lingkungan sosial emosional, dan lingkungan akademik. Implementasi strategi ini mencakup penyediaan bahan bacaan yang beragam, alokasi waktu khusus untuk membaca, pelatihan pendidik, dan penggunaan media literasi digital. Evaluasi menunjukkan bahwa strategi ini berhasil meningkatkan minat dan kemampuan literasi peserta didik, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan ruang perpustakaan. Faktor pendukung utama meliputi hubungan baik antara staf dan orang tua, kontribusi aktif orang tua, serta kerjasama siswa yang kooperatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi; Penguatan literasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 May 2025 03:06
Last Modified: 28 May 2025 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26510

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics