Pengaruh manajemen kelas dan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa MTs NU Nurul Huda Semarang
Pramudita, Audy (2024) Pengaruh manajemen kelas dan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa MTs NU Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003036048_AUDY_PRAMUDITA]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003036048_Audy Pramudita_Full Skripsi_I - Audy Pramudita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan saat ini dapat dilihat melalui pengelolaan di dalam lingkungan sekolah terutama di dalam kelas yaitu proses pembelajaran siswa.. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar, 2) Pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa, 3) Pengaruh secara bersama – sama antara manajemen kelas dan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan survei pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data regresi linier berganda dengan IBM SPSS Statistic 26. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nu Nurul Huda Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 126 responden dari 185 yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Manajemen kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, disebabkan nilai t-hitung sebesar 3,577 lebih besar dari t-tabel yaitu sebesar 1,979. 2) Kedisiplinan guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, disebabkan nilai t-hitung sebesar 3,834 lebih besar dari t-tabel yaitu sebesar 1,979 3) Manajemen kelas dan kedisiplinan guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 24,1%. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya pihak sekolah perlu memperhatikan proses pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung sesuai dengan visi dan misi madrasah. Hal iini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan, peraturan yang tegas dan supervisi pendidikan untuk mengawasi hal – hal yang menghambat dan kemudian dapat diperbaiki.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kelas; kedisiplinan,motivasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 28 May 2025 03:26 |
Last Modified: | 28 May 2025 03:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26512 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year