Evaluasi penerapan kurikulum merdeka menggunakan model Evaluation Program For Innovative Curriculum (EPIC) di SMA Negeri 13 Semarang
Destiana, Risma Dwi (2024) Evaluasi penerapan kurikulum merdeka menggunakan model Evaluation Program For Innovative Curriculum (EPIC) di SMA Negeri 13 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003036026_RismaDwiDestiana_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003036026_RismaDwiDestiana_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan salah satu program pendidikan yang dikeluarkan untuk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal , karakteristik siswa, dan isu-isu global yang sedang berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum merdeka di SMA N 13 Semarang dengan menggunakan model EPIC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methode. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket, wawancar, observasi dan dokumentasi. Adapun beberapa langkah yang diambil dalam analisis data yaitu; mengukur angket menggunakan tabulasi data untuk mengetahui nilai indeksnya, sedangkan dalam penelitian kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini, (1) dimensi institutional sub variabel pada dimensi ini masih ada beberapa pendidik yang belum sepenuhnya menerapkan kurikulum merdeka, keluarga dan masyarakat berperan penting dalam memberikan dukungan untuk terwujudnya tujuan kurikulum merdeka. (2) Dimensi intructional seluruh sub variabel pada dimensi ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh kemendikbud. (3) Dimensi behaviour menyangkut tentang hasil pencapaian peserta didik terhadap tujuan kurikulum merdeka, seluruh sub variabel pada dimensi ini dapat dihasilkan rata-rata nilai indeks per sub variabel termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; Kurikulum merdeka; EPIC |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:35 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26516 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year