Manajemen kurikulum merdeka pada sekolah adiwiyata nasional di SMP Negeri 31 Semarang
Fadhilah, Anna Rizqi (2024) Manajemen kurikulum merdeka pada sekolah adiwiyata nasional di SMP Negeri 31 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003036028_Anna Rizqi Fadhilah_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003036028_Anna Rizqi Fadhilah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kurikulum adalah serangkaian mata pelajaran yang diatur dalam sebuah sistem yang didalamnya terdapat rencana dan pengaturan tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran. SMP Negeri 31 Semarang adalah salah satu pendidikan formal yang menggiatkan Program Sekolah Adiwiyata. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Adiwiyata Nasional di SMP Negeri 31 Semarang ? 2) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Adiwiyata Nasional di SMP Negeri 31 Semarang? 3) Bagaimana evaluasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Adiwiyata Nasional di SMP Negeri 31 Semarang?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan kurikulum, di SMP Negeri 31 Semarang dilakukan dengan menyusun jadwal pelajaran yang terstruktur, bertujuan untuk memastikan efektivitas proses pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi siswa. Kurikulum berbasis proyek yang dirancang khusus untuk menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan pada siswa. 2) Pelaksanaan kurikulum, pada tiga mata pelajaran yang telah diteliti menunjukkan bahwa, SMP Negeri 31 Semarang telah menintegrasikan komponen-komponen Adiwiyata ke dalam semua mata pelajaran. 3) Evaluasi kurikulum, dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, pada setiap akhir semester dan tahunan. Implikasi dari mata pelajaran yang diintegrasikan dengan komponen-komponen Adiwiyata akan meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kurikulum; Sekolah adiwiyata |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:45 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26518 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year