Pengaruh implementasi kurikulum sekolah alam terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem

Sari, Dewi Ayu Puspita (2024) Pengaruh implementasi kurikulum sekolah alam terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003036034_Dewi Ayu Puspita Sari_Lengkap] Text (Skripsi_2003036034_Dewi Ayu Puspita Sari_Lengkap)
Skripsi_2003036034_Dewi Ayu Puspita Sari_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem yang merupakan salah satu usaha untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya pendidikan ini berhasil manarik perhatian dengan kurikulum sekolah alam yang diterapkan. Kurikulum yang berpengaruh terhadap eningkatan karakter peserta didiknya. Namun, ternyata masih banyak peserta didik yang bermasalah dengan karakternya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi kurikulum sekolah alam terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMP Sekolah Alam Gunung Mendelem. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitaif deskriptif dengan model regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengukur seberapa berpengaruhnya antar variabel X dan Y.
Hasil yang diperoleh dari uji tersebut yaitu hasil analisis korelasi product moment pearson diperoleh hasil r = 0,881 > rtabel(0,273) pada taraf signifikansi 5% yang berarti signifikan. Koefisien yang dtemukan sebesar 0,881 termasuk dalam kategori kuat karena berada pada rentang 0,700 - 0,900. Kemudian kontribusi antara kurikulum sekolah alam terhadap pembentukan karakter peserta didik sebesar 77,6% dan 22,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil dari perhitungan persamaan regresinya menjadi Y= 17,698 + 1,313X. Persamaan regresi tersebut menunjukkan jika X = 0, maka diperoleh nilai dari karakter peserta didik sebesar 1,313, Dari perhitungan tersebut dihasilkan nilai thitung (13,165) >ttabel (2,008) serta P.Value 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kurikulum sekolah alam dengan pembentukan karakter peserta didik sebesar 13,165.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum sekolah alam; karakter; Peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jun 2025 01:49
Last Modified: 02 Jun 2025 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26525

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics