Peran ustadz/ustadzah TPQ dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono Kota Semarang

Albab, Ulil (2024) Peran ustadz/ustadzah TPQ dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016108_Ulil_Albab] Text (Skripsi_1703016108_Ulil_Albab)
Skripsi_1703016108_Ulil_Albab.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan awal penulis di TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono. Dimana ustadz mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan islam pada lembaga nonformal. Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini membutuhkan manajemen atau pengelolaan yang baik. Demikian juga dalam hal pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sangat diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode pembelajarannya, pendekatan atau perencaan yang matang. Karena ustadz atau guru ini berupaya memberikan bekal dasar bagi anak usia dini untuk meningkatkan taraf pengetahuan keagamaan dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan : 1) Bagaimana peran ustadz/ustadzah TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran pada anak di TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono. 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Al-Quran di TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala TPQ, dewan asatidz dan santri TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono. Teknik analisis datanya menggunakan : Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan. 1) peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih dan penilai atau pengevaluasi, guna memberikan ilmu yang manfaat dalam membaca Al-Qur’an salah satunya dengan mengajarkan kaidah-kaidah membaca Al-Qur’an, diantaranya yaitu makhorijul huruf, sifatul huruf dan ilmu tajwid yang dipandang sangatlah penting untuk diterapkan ketika membaca Al-Qur’an. 2) Faktor pendukung dalam peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Muttaqin Gisikdrono, diantaranya pemberian reward dan pendekatan kepada santri, pengelolaan kelas dan melakukan evaluasi, agar para santri cepat memahami apa yang telah diajarkan. Sedangkan faktor penghambat yang paling utama adalah berasal dari diri santri, dari ustadz pengajar dan orang tua santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Ustadz; Ustadzah; TPQ; Kualitas membaca; Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:51
Last Modified: 02 Jun 2025 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics