Implementasi metode pembelajaran drill untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Quran di Madrasah Diniyyah Assalafiyah Campurejo Boja Kendal
Muzaki, Fajar Hadi Ali (2024) Implementasi metode pembelajaran drill untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Quran di Madrasah Diniyyah Assalafiyah Campurejo Boja Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1703016178_Fajar_Hadi_Ali_Muzaki]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1703016178_Fajar_Hadi_Ali_Muzaki.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Belajar membaca Al-Quran tidak bisa dikuasai secara instan. Perlu belajar dengan giat dan rajin serta fokus dalam proses belajar membaca Al-Quran. Bahkan dalam proses belajar membaca Al-Quran diperlukan guru agar hasil belajarnya menjadi optimal dan tidak salah kaprah dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, guru atau pendidik memiliki peranan yang penting dalam mengajarkan membaca Al-Quran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research dengan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yang dilakukan peneliti terletak di Madrasah Diniyyah Assalafiyah Dusun Kedungdowo Desa Campurejo pada akhir bulan maret hingga awal bulan April 2023. Sumber data yang didapatkan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada rumusan masalah yang telah ditentukan, yaitu bagaimana implementasi metode pembelajaran drill untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Quran dan kendala apa saja dalam implementasi metode pembelajaran drill untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Quran di Madrasah Diniyyah Assalafiyah. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) implementasi metode pembelajaran drill yang digunakan oleh guru di Madrasah Diniyyah Assalafiyah ialah dengan metode ceramah, sorogan, dan tanya jawab (2) kendala dalam implementasi metode pembelajaran drill untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyyah Assalafiyah ialah lingkungan pada teman sebaya, lingkungan dalam keluarga, dan kemampuan anak yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Drill; Metode pembelajaran; Al-Quran; Minat belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 04:40 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 04:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26531 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year