Analisis implementasi toleransi beragama perspektif guru pendidikan agama Islam di MA NU Al Hikmah dan SMA Muhammadiyah 2 Mijen Kota Semarang
Mubarok, Muhamad Fadzlul (2024) Analisis implementasi toleransi beragama perspektif guru pendidikan agama Islam di MA NU Al Hikmah dan SMA Muhammadiyah 2 Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1803016129_Muhamad_Fadzlul_Mubarok]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1803016129_Muhamad_Fadzlul_Mubarok.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui toleransi beragama perspektif guru pendidikan agama islam. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MA NU Al Hikmah Mijen Kota Semarang dan SMA Muhammadiyah 2 Mijen Kota Semarang. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru PAI, Kepala Sekolah, dan Waka Kurikulum. Sumber sekunder dari penelitian ini adalah literatur yang dapat menjadi penunjang dalam penelitian. Teknik pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analasis data menggunakan reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh (1) Toleransi beragama perspektif guru pendidikan agama islam di MA NU Al Hikmah Mijen Kota Semarang adalah tentang menghargai dan menghormati hak-hak orang lain. (2) Toleransi beragama perspektif guru pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah 2 Mijen Kota Semarang adalah sikap saling menghormati dan menghargai setiap keyakinan orang, tanpa memaksakan kehendak serta tanpa mencela atau menghina agama lain dengan alasan apapun. (3) MA NU Al Hikmah dan SMA Muhammadiyah 2 Semarang, keduanya memiliki banyak kesamaan dalam pandangan mereka tentang toleransi beragama. Baik dari segi pemberian materi, pembiasaan perilaku siswa, maupun kontrol terhadap siswa di luar sekolah, keduanya memiliki fokus yang serupa dalam mendukung nilai-nilai toleransi dan mengajarkan pentingnya menghormati perbedaan agama. Ini menunjukkan bahwa, meskipun dengan pendekatan yang berbeda, kedua lembaga memiliki komitmen yang kuat untuk mempromosikan toleransi beragama di kalangan siswa mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi beragama; Pendidikan Agama Islam; Guru |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 06:08 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 06:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26533 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year