Implementasi aplikasi seTARA daring dalam pembelajaran PAI pada program paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit Semarang
Rohman, Irfaan Nur (2024) Implementasi aplikasi seTARA daring dalam pembelajaran PAI pada program paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1803016161_Irfaan_Nur_Rohman]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1803016161_Irfaan_Nur_Rohman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Aplikasi seTARA daring adalah sebuah aplikasi Learning Management System yang memungkinkan kegiatan pembelajaran jarak jauh pada program pendidikan kesetaran. Aplikasi seTARA daring dilengkapi dengan berbagai fitur seperti menu Profil; menu silabus; menu pelajaran terdiri atas tugas, evaluasi, diskusi; menu perkembangan dan sumber belajar.
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit Semarang, merupakan satuan pendidikan nonformal dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Semarang. PKBM Bangkit Kota Semarang menyediakan layanan pendidikan berupa Pendidikan Anak Usia Dini (Kelompok Bermain), Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C, dan kursus keterampilan. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan jenis data yang digunakan berupa data primer dan data skunder
Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa: 1) PKBM Bangkit memilih aplikasi yang disediakan oleh direktorat pendidikan masyarakat dan pendidikan khusus yaitu aplikasi setara daring. 2) aplikasi ini didalamnya disediakan ruangnya sendiri, materi/ video pembelajaran, penugasan, penilaian, diskusi serta perkembangan semua memiliki ruangnya masing-masing sehingga tidak bercampur aduk; 3) Hal Positif dalam Penggunaan aplikasi: Aplikasi seTARA daring memudahkan tutor dalam pemantauan serta warga belajar dalam proses pembelajaran; Warga belajar bisa mempelajari mengenai review materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun; Pembahasan tentang materi dapat dikolaboraikan dengan youtube, video, link pembelajaran; Warga belajar dimudahkan dalam penyelesaian tugas pada pembelajaran dikarenakan aplikasi dapat diakses dimanapun dan kapankun asal terkoneksi dengan internet. Hal Negative yang dirasakan: Rendahnya hubungan antara tutor dengan warga belajar sehingga akan akan mempengaruhi terhadap pembentukan karakter dalam proses.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi SeTARA Daring; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; PAI; Program Paket C |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 06:16 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 06:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26534 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year