Implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran PAI-BP di SD Islam Al-Azhar 29 Kota Semarang
Ridho'i, Muhammad Taufik (2023) Implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran PAI-BP di SD Islam Al-Azhar 29 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1903016007_Muhammad_Taufik_Ridho'i]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1903016007_Muhammad_Taufik_Ridho'i.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) merupakan mata pelajaran yang mempunyai materi yang banyak dengan hafalan sehingga mata pelajaran ini sangat penting jika diajarkan dengan cara atau metode yang dapat mudah di hafal oleh siswa. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran PAI-BP di SD Islam Al-Azhar 29 Kota Semarang, dan 2) Faktor pendukung dan penghambat metode bernyanyi dalam pembelajaran PAI-BP di SD Islam Al-Azhar 29 Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini berasal dari informan terutama Pendidikan PAI BP dan siswa SD Islam Al-Azhar 29 Kota Semarang. Sumber data sekunder berasal dari arsip-arsip, lingkungan sekitar yang mendukung penelitian, dan foto-foto di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode bernyanyi di mulai dari persiapan yaitu dari memperkenalkan lirik lagu, menjelaskan makna dan konteks dari lirik lagu, mengadakan sesi refleksi dan diskusi lalu melakukan evaluasi. Implementasi metode bernyanyi yang dilakukan guru sesuai dengan tema dan materi pada hari tersebut sehingga kegiatan pembelajaran yang berlangsung berjalan sesuai dengan semestinya. 2) Faktor pendukung Implementasi metode bernyanyi adalah mudahnya menemukan video music serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung. Sementara faktor penghambatnya seperti suara yang kurang mendukung, jadwal guru yang padat di luar jam mengajar untuk menyiapkan lirik lagu, serta listrik yang tiba-tiba padam sehingga implementasi metode bernyanyi tidak dapat dijalankan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Bernyanyi; PAI-BP |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 06:27 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 06:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26535 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year