Penerpan program BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dengan metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 8 Semarang

Fausy, Inka Esti (2024) Penerpan program BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dengan metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016015_Inka_Esti_Fausy] Text (Skripsi_1903016015_Inka_Esti_Fausy)
Skripsi_1903016015_Inka_Esti_Fausy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana penerapan program BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dengan metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 8 Semarang? 2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 8 Semarang setelah mengikuti program BTAQ?. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pembimbing BTAQ dan siswa yang mengikuti program BTAQ. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah data-data di SMAN 8 Semarang yang berkaitan dengan penerapan program BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dengan metode tartil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan program BTAQ di SMAN 8 Semarang memiliki tiga tahapan, yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) program BTAQ dengan metode tartil efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan indikatornya sebagai berikut: a) kelancaran membaca Al-Qur’an dalam kategori baik, siswa sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar, b) ketepatan tajwid dalam kategori baik, siswa sudah mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid, c) kefasihan membaca huruf Al-Qur’an sesuai dengan makhrajnya kategori cukup baik, dikatakan cukup baik karena masih banyak siswa yang melafalkan huruf-huruf Al-Qur’an belum sesuai dengan makhrajnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca tulis Al-Qur’an; Metode tartil; Kemampuan membaca; Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:35
Last Modified: 02 Jun 2025 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26536

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics