Pendidikan karakter antikorupsi melalui pembelajaran akidah akhlaq di MTs Hidayatullah
Listrina, Wiedya (2024) Pendidikan karakter antikorupsi melalui pembelajaran akidah akhlaq di MTs Hidayatullah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1903016025_Wiedya_Listrina]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1903016025_Wiedya_Listrina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Fenomena korupsi di Indonesia terus mengalami peningkatan, sehingga harus mendapatkan perhatian dari seluruh pihak, termasuk dunia pendidikan. Apabila tidak mendapatkan perhatian dengan baik, korupsi di Indonesia dapat menyebabkan negara Indonesia mengalami kemunduran secara perlahan. Penelitian ini membahas mengenai penguatan karakter antikorupsi dalam pembelajaran akidah akhlaq, tetapi penelitian ini juga terkait dengan problem yang merusak sendi-sendi kehidupan bangsa Indonesia. Peran Pendidikan sangat diperlukan dalam upaya melahirkan generasi yang memiliki karakter antikorupsi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana penguatan karakter antikorupsi melalui penguatan nilai-nilai karakter antikorupsi dalam pembelajaran akidah akhlaq di Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitaf dengan unit analisis pada praktek pembelajaran akidah akhlaq di MTs HIdayatullah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan jenis sumber data primer dan sekunder dengan hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi tersebut kemudian dianalisis. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara membandingkan dan mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Penelitian ini menemukan fakta pendidikan antikorupsi melalui mata pelajaran akidah akhlaq di MTs Hidayatullah dilakukan dengan memberikan pemahaman materi kepada siswa-siswi, pembiasaan di kelas dan melalui keteladanan terhadap guru yang memuat nilai antikorupsi berupa nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, adil, kesederhanaan dan kemandirian. Melalui penelitian yang dilakukan, siswa-siswi di MTs Hidayatullah mampu menerapkan karakter antikorupsi pada kegiatan-kegiatan di sekolah. Dalam mewujudkan karakter antikorupsi ini, guru juga memiliki peran aktif untuk terus menguatan karakter siswa-siwinya sehingga akan tertanam pada diri mereka
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; Antikorupsi; Akidah Akhlaq |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 06:43 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 06:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26537 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year