Nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam buku pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X SMA/SMK
'Aina, Qorri (2024) Nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam buku pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X SMA/SMK. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1903016067_Qorri_'Aina]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1903016067_Qorri_'Aina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai profil pelajar pancasila yang terdapat pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X terbitan Kemendikbud tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang penyajiannya bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian yang akan dilakuakan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Penelitian ini menghasilkan penelitian bahwa secara umum buku ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X terbitan Kemendikbud tahun 2021 mengandung nilai-nilai profil pelajar pancasila yaitu dimensi pertama pelajar pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berahlak mulia. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara, dimensi kedua berkebinekaan global, elemen kunci dari berkebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, dimensi ketiga dimensi bergotong royong, elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi, dimensi mandiri dengan elemen kunci terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri, dimensi kelima dimensi bernalar kritis, elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir dalam mengambilan keputusan, dan dimensi kreatif, Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal serta memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap penguatan profil pelajar pancasila dalam pendidikan agama Islam di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar; PAI; Pendidikan Agama Islam; Budi pekerti; Profil pelajar; Pancasila |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 01:20 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 01:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26543 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year