Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV di SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati

Putri, Rafika Septiani Larasati (2024) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV di SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096009_Rafika_Lengkap] Text (Skripsi_1703096009_Rafika_Lengkap)
Skripsi_1703096009_Rafika_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV di SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati. Meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan memasukkan nilai karakter didalamnya. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati sudah cukup baik, meskipun dalam pelaksanaannya guru kurang begitu memahami cara untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Hal ini terbukti dari cara atau metode yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter terlihat monoton. (3) Faktor- faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pembelajaran karakter diantaranya faktor lingkungan, faktor adat dan kebiasaan, faktor keturunan, faktor insting atau naluri.Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter. Kemudian untuk pemerintah, semoga dapat dijadikan keterangan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah jangan hanya dijadikan syarat saja namun juga harus ada tindak lanjut dan penerapan yang pasti dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Siswa; Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:02
Last Modified: 03 Jun 2025 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26549

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics