Penerapan pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SDN 49 Gresik

Abadiyah, Nilna Zahrotal (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SDN 49 Gresik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016158_Nilna_Zahrotal_Abadiyah] Text (Skripsi_1903016158_Nilna_Zahrotal_Abadiyah)
Skripsi_1903016158_Nilna_Zahrotal_Abadiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran dengan konsep diferensiasi ini mengikuti karakteristik anak didik, karena terdapat perbedaan dalam pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda secara psikologi. Dengan metode diferensiasi ini, guru akan memancing kamampuan berpikir siswa, sehingga memunculkan suatu ide baru bagi mereka sendiri. Jenis dari penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang mengumpulkan data dengan dilatari suatu peristiwa, dan mengkonversi untuk memperoleh data, sedangkan pendekatan yang dilakukan peneliti menggunakanpendekatan fenomenologi. Untuk menguji data yang absah, peneliti perlu membandingkan data yang diperolehnya dari berbagai sumber, yang sesuai dengan triangulasi data melalui wawancara, kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Pembelajaran berdiferensiasi ini memerlukan fokus pada pengelolaan kelas selama pembelajaran berlangsung, serta keadaan psikologis belajar siswa. Keuntungan dari kurikulum pembelajaran berdiferensiasi, diantaranya: Meningkatkan keterlibatan siswa, Meningkatkan prestasi akademik, Memperluas inklusi dan keadilan pendidikan, Mempelajari keterampilan individu, Memperkaya pengalaman belajar. Pembelajaran berdiferensiasi ini efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, motivasi, partisipasi, inklusi, dan keterampilan sosial dalam konteks PAI. Meskipun muncul beberapa dampak positif yang signifikan, penting untuk mengatasi beberapa dampak negatif yang mungkin timbul, seperti potensi kesenjangan antar siswa, pengelolaan kelas yang lebih rumit, dan potensi peningkatan beban kerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Diferensiasi; PAI; Pendidikan Agama Islam; SDN
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:03
Last Modified: 03 Jun 2025 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26550

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics