Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMPN 18 Semarang
Nasekhah, Isma Ulyana Arifatun (2024) Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMPN 18 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003016018_Isma_Ulyana_Arifatun_Nasekhah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003016018_Isma_Ulyana_Arifatun_Nasekhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Nilai-nilai toleransi, merupakan suatu perbuatan yang ditanamkan dalam diri agar selalu bersikap lapang dada, menghargai, memahami, serta memperbolehkan seseorang untuk mempunyai keyakinan yang berbeda, baik dari segi agama, budaya, suku, pendapat, dan sebagainya yang beda dengan keyakinan diri kita. Nilai-nilai toleransi sangat ditekankan dalam pembelajaran. Menghargai, bersaudara, kebebasan, kerjasama, tolong-menolong, dan saling berbagi adalah sebagian nilai-nilai yang terdapat dalam toleransi. Dalam kehidupan sehari-hari, toleransi dapat dilihat dari aktivitas-aktivitas sosial yang dilakukan sehari-hari di lingkungan masyarakat secara gotong royong baik itu kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan umum maupun kepentingan perseorangan.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMPN 18 Semarang; (2) untuk mengetahui upaya Guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMPN 18 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian yang dikaji adalah: (1) apa saja nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMPN 18 Semarang; (2) bagaimana upaya guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMPN 18 Semarang.
Hasil dari penelitian ini di antaranya: pertama, nilai-nilai toleransi yang ada di SMPN 18 Semarang yaitu melakukan pembiasaan pembacaan asmaul husna, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membacakan Pancasila di pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama, merayakan hari-hari besar agama masing-masing di sekolah, tidak mengganggu ibadah agama lain, sesama guru memiliki hubungan baik dan mempunyai rasa simpati yang tinggi, serta adanya kegiatan-kegiatan yang diikut sertakan oleh seluruh agama siswa SMPN 18 Semarang. Kedua, Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMPN 18 Semarang yaitu dengan memberikan pemahaman kepada siswa/i mengenai toleransi antar umat beragama, memberikan motivasi, menginternalisasikan melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai toleransi, dan menginternalisasikan nilai toleransi melalui metode pembelajaran. Dengan tertanamnya nilai-nilai toleransi maka diharapkan siswa/i memiliki rasa toleransi kepada sesama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Internalisasi; Nilai; Toleransi beragama |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 01:47 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 01:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26563 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year