Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMP Institut Indonesia Semarang

Khoerunnisa, Rina (2024) Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMP Institut Indonesia Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016024_Rina_Khoerunnisa] Text (Skripsi_2003016024_Rina_Khoerunnisa)
Skripsi_2003016024_Rina_Khoerunnisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Studi ini meneliti bagaimana SMP Institut Indonesia di Semarang menerapkan Kurikulum Merdeka di bidang Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pemerintah Indonesia mengembangkan Kurikulum Merdeka dengan tujuan untuk mempromosikan inovasi guru di kelas dan memberikan keleluasaan yang lebih besar kepada para pendidik untuk memilih strategi pembelajaran yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa. Data untuk penelitian ini dikumpulkan di lapangan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan menggunakan gaya penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana para pengajar Pendidikan Budi Pekerti dan Pendidikan Agama Islam di SMP Institut Indonesia Semarang telah memodifikasi strategi instruksional mereka sebagai tanggapan terhadap minat dan kemampuan siswa mereka. Kebijakan dan prinsip-prinsip kurikulum terbaru, Kurikulum Merdeka, diikuti dalam modifikasi ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada sejumlah tantangan yang dihadapi guru Budi Pekerti dan Pendidikan Agama Islam ketika mengintegrasikan Kurikulum Merdeka ke dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Institut Indonesia Semarang. Tidak adanya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam, pemahaman guru yang lamban tentang topik tersebut, dan instruktur yang terus terpaku pada kurikulum yang sudah ketinggalan zaman atau kurikulum sebelumnya adalah beberapa dari kesulitan-kesulitan tersebut. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa, di SMP Institut Indonesia Semarang, Kurikulum Merdeka telah meningkatkan standar pengajaran dan meningkatkan motivasi para pengajar untuk mendukung para siswa dalam menemukan potensi mereka sendiri dalam hal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selain itu, ada banyak peluang bagi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan standar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Institut Indonesia Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kurikulum Merdeka; PAI; Pendidikan Agama Islam; Budi Pekerti
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:00
Last Modified: 04 Jun 2025 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26565

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics