Peran pendidikan agama Islam dalam mewujudkan sekolah ramah anak : studi kasus di SMP Negeri 16 Semarang
Hasanah, Wahyu Nadhifatul (2024) Peran pendidikan agama Islam dalam mewujudkan sekolah ramah anak : studi kasus di SMP Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003016027_Wahyu_Nadhifatul_Hasanah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003016027_Wahyu_Nadhifatul_Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Melihat fakta kekerasan yang masih terjadi pada anak, maka perlu sebuah program pendidikan yang ramah anak. Pendidikan ramah anak merupakan alternatif penyelesaian masalah tindak kekerasan terhadap anak di sekolah. Pendidikan yang ramah anak sangat penting diterapkan karena mempunyai prinsip menghindari kekerasan dalam mendidik, lebih tepatnya disiplin tanpa kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMP Negeri 16 Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan bersifat studi kasus (case study), yaitu peneliti dapat menggambarkan dengan cara menganalisa secara obyektif terhadap keadaan atau fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Sedangkan fokus penelitian yang akan di kaji adalah bagaimana peran Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak dengan studi kasus di SMP Negeri 16 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 16 Semarang memiliki peran sebagai: 1) Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, meliputi nilai kasih sayang, nilai keadilan, nilai kejujuran, dan nilai tanggung jawab. 2) Keteladanan Pendidikan Agama Islam, dan 3) Pembiasaan Pendidikan Agama Islam, meliputi pembiasaan menyambut siswa setiap pagi, pembiasaan melantunkan Asmaul Husna, surah-surah pendek dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembiasaan salat Zuhur berjamaah, dan pembiasaan Jumat Religi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Sekolah Ramah Anak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26567 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year