Efektivitas pendekatan saintifik dengan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi Daulah Abbasiyah kelas VIII di SMP Negeri 35 Semarang

Pratiwi, Mutiara Indah (2024) Efektivitas pendekatan saintifik dengan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi Daulah Abbasiyah kelas VIII di SMP Negeri 35 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016042_Mutiara_Indah_Pratiwi] Text (Skripsi_2003016042_Mutiara_Indah_Pratiwi)
Skripsi_2003016042_Mutiara_Indah_Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Semarang pada mata pelajaran PAI dan BP materi Daulah Abbasiyah masih terbilang rendah. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu apakah pendekatan saintifik dengan media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan BP materi Daulah Abbasiyah kelas VIII di SMP Negeri 35 Semarang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dengan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif eksperimen menggunakan desain quasi experimental dengan rancangan preteset-posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian sejumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Selanjutnya, dilakukan uji independent t-test untuk menguji hipotesis dan dilakukan uji N-gain.
Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pada nilai pre-test sebesar 38,49 meningkat pada post-test sebesar 72,45. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol pada nilai post-test sebesar 34.41 meningkat pada post-test sebesar 59,59. Berdasarkan hasil uji independent t-test dari hasil belajar post-test kelas eksperimen dengan post-test kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai > yaitu 2,855 > 2,000 atau dilihat dari nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,006 < 0,05 sehingga Ha diterima yang berarti pendekatan saintifik dengan media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Selanjutnya, hasil perhitungan uji N-gain dari hasil belajar pre-test dan post-test kelas eksperimen memperoleh skor sebesar 56% berarti termasuk kategori sedang dan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik; Media pembelajaran; Video; Hasil Belajar; PAI; Budi Pekerti
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Jun 2025 04:29
Last Modified: 04 Jun 2025 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26573

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics