Peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Taufiqiyah Semarang tahun pelajaran 2023-2024

Saraswati, Ayu Safitri (2024) Peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Taufiqiyah Semarang tahun pelajaran 2023-2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096038 AYU SAFITRI SARASWATI FULL] Text (Skripsi_1703096038 AYU SAFITRI SARASWATI FULL)
Skripsi_1703096038 AYU SAFITRI SARASWATI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

MI Taufiqiyah Tembalang telah menerapkan kurikulum merdeka, terutama pada kelas IV dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendalami implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IV di MI Taufiqiyah Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data, yang kemudian diolah dan dianalisis hingga diperoleh suatu kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru kelas dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang meliputi guru sebagai pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator, dan evaluator. Meskipun banyak peran yang dilaksanakan oleh guru, pada era kurikulum Merdeka Belajar, guru dituntut untuk lebih berperan sebagai fasilitator. Hal ini karena pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, lebih banyak berfokus pada proyek yang memerlukan dan menyediakan fasilitas agar pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dalam pembelajaran kelas IV, terdapat beberapa faktor pendukung yang menunjang kegiatan pembelajaran sesuai harapan, seperti penggunaan media dan motivasi dari guru. Namun, ada juga faktor penghambat dalam pembelajaran matematika, yaitu perbedaan kemampuan kognitif siswa, keterbatasan sarana dan prasarana, serta siswa yang sering mengobrol dengan temannya saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Merdeka belajar; Bahasa Indonesia Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:11
Last Modified: 05 Jun 2025 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26577

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics