Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan P5 di MI Nu 53 Turunrejo Kendal

Khasanah, Lutfiyatul (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan P5 di MI Nu 53 Turunrejo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096126_Lutfiyatul Khasanah_Lengkap] Text (Skripsi_1703096126_Lutfiyatul Khasanah_Lengkap)
Skripsi_1703096126_Lutfiyatul Khasanah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merujuk pada kemampuan seseorang untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyintesis informasi yang cermat dan logis. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam proyek penguatan profil pancasila, yaitu membantu memahami nilai-nilai Pancasila, memfasilitasi diskusi yang bermakna, mendorong refleksi diri, membeantu mengatasi konflik nilai, dan mempersiapkan untuk partisipasi dalam masyarakat. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan P5 dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan P5 di MI NU 53 Turunrejo Kendal.
Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data dan kesimpulan.
Temuan hasil penelitian adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan P5 di MI NU 53 Turunrejo Kendal adalah faktor intelektual, motivasi, kondisi fisik, dan kemandirian belajar. Dampak positifnya adalah siswa dapat kesempatan dalam mengeksplorasi dan mewujudkan minat belajarnya. Dampak negatifnya adalah siswa masih takut atau kurangnya kelpelrcayaan diri dalam melngambil kelputusan dan orangtua bingung dengan adanya metode atau penerapan-penerapan pembelajaran yang baru. Salosinya adalah guru menyiapkan modul ajar yang akan dipelajari, menerapkan strategi yang menarik dan dinamis, berkolaborasi dengan guru lain untuk merencanakan, memfasilitasi,serta melaksanakan penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Jun 2025 06:06
Last Modified: 05 Jun 2025 06:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26592

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics