Efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran fikih materi salat witir di MIN 1 Tegal
Ryanka, Muhamad Rifqi Okta (2024) Efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran fikih materi salat witir di MIN 1 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1703096129_Muhamad Rifqi Okta Ryanka_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1703096129_Muhamad Rifqi Okta Ryanka_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Materi salat witir merupakan salah satu materi penting didalam mata pelajaran fikih yang harus dikuasai oleh siswa agar dapa melaksanakan salay witir dengan baik.
Namun, di kelas III MIN 1 Tegal masih perlu ditingkatkan karena dari 24 siswa hanya 11 atau 44,00% yang tuntas, rata-rata kurang memahami konsep materi yang terkait dengan pemahaman tentang salat witir. Untuk mengatasi masalah tersebut maka pembelajaran cooperative diperlukan .
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dalam bentuk ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara total (keseluruhan). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) disebut kelompok eksperimen, dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan model pembelajaran cooperative script efektif meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih materi salat witir di kelas III MIN 1 Tegal.
Hal ini dapt dilihat dari rata-rata post test kelompok eksperimen adalah = 88.13, sedangkan hasil rata-rata post test pemahaman materi salat witir menggunakan model pembelajaran kelompok kontrol = 68.33 dengan n1 = 24 dan n2 = 24 diperoleh diperoleh thitung = 4.446 hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikasi 5% (24 + 24 - 2) = 46 = 2.013 sehingga thitung > ttabel,, Artinya pemahaman materi salat witir kelompok eksperimen menggunakan model cooperative script lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Cooperative script; Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 06:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 06:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26593 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year