Implementasi proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) homeschooling Putragama Semarang

Lestari, Anisa Puji (2024) Implementasi proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) homeschooling Putragama Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016058_Anisa_Puji_Lestari] Text (Skripsi_2003016058_Anisa_Puji_Lestari)
Skripsi_2003016058_Anisa_Puji_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangatlah penting bagi kehidupan, namun sekarang ini pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya sebatas materi saja. Banyak orang tua yang memutuskan untuk mengalihkan pendidikan anaknya ke homeschooling. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PKBM Homeschooling Putragama Semarang. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PKBM Homeschooling Putragama Semarang. Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala, guru PAI, siswa, dan orangtua siswa homeschooling. Sumber data sekundernya adalah artikel, buku, jurnal yang berkaitan dengan fokus penelitian yang dilakukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif melalui tiga alur kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PKBM Homeschooling Putragama Semarang berjalan baik sesuai dengan indikator keberhasilan yakni keaktifan, kedisiplinan, perhatian, dan penugasan siswa. Faktor yang mendukung adalah setiap institusi pendidikan yang diharuskan adanya pendidikan agama, karena agama adalah sendi kehidupan manusia. Faktor yang menghambat adalah minat siswa yang kurang dan kelas yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Homeschooling
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jun 2025 01:21
Last Modified: 10 Jun 2025 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26601

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics