Penerapan pembelajaran active learning dengan metode diskusi dan card sort untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 2 pada mata pelajaran akidah akhlak : studi siswa kelas XI IPA 2 MA NU 03 Sunan Katong Kendal

Satriani, Nurul (2024) Penerapan pembelajaran active learning dengan metode diskusi dan card sort untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 2 pada mata pelajaran akidah akhlak : studi siswa kelas XI IPA 2 MA NU 03 Sunan Katong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016069_Nurul_Satriani] Text (Skripsi_2003016069_Nurul_Satriani)
Skripsi_2003016069_Nurul_Satriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses perencanaan pembelajaran active learning dapat dilakukan menggunakan metode diskusi dan Card Sort. Selain itu, penelitian ini juga memaparkan tahapan penerapan pembelajaran, hasil evaluasi pembelajaran, serta dampak dari menerapkan metode diskusi dan Card Sort dalam pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak, yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 2 MA NU 03 Sunan Katong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, mengumpulkan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data melibatkan transkripsi wawancara, reduksi data, interpretasi, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa metode active learning menggunakan diskusi dan Card Sort dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA NU 03 Sunan Katong dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pertama, efektivitas metode ini dalam mengajarkan larangan perbuatan tercela dalam Akidah Akhlak di MA NU 03 Sunan Katong medapat mperdalam pemahaman siswa. Kedua, evaluasi menggunakan metode ini di kelas XI IPA 2 juga berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Ketiga, siswa menunjukkan tingkat keaktifan yang tinggi dan mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ini dalam pembelajaran Akidah Akhlak efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Active learning; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Metode diskusi; Card sort
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:45
Last Modified: 10 Jun 2025 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26608

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics