Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamin (P5 PPRA) pada kurikulum merdeka belajar kelas V di MIN Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024
Trihandayani, Ulfa (2024) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamin (P5 PPRA) pada kurikulum merdeka belajar kelas V di MIN Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096105_ISTIN_AMATUL_FASHIHAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096105_Istin_amatul Fashihah_Lengkap Tugas Akhir - ISTIN_AMATUL FASHIHAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) merupakan salah satu hal yang baru dalam dunia pendidikan.. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui perencanaan dalam mengimplementasikan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Rahmtana Lil’alamin (P5 PPRA) pada kurikulum merdeka di kelas V MIN Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024 (2) mengetahui pelaksanaan dalam mengimplementasikan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) pada kurikulum merdeka di kelas V MIN Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024 (3) mengetahui evaluasi dalam implementasi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5 PPRA) pada kurikulum merdeka di kelas V MIN Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpula menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.. Hasil penelitian yaitu 1) perencanaan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5 PPRA) kelas V yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek, dan pelaporan rapot siswa. 2) pelaksanaan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5 PPRA) kelas V yaitu persiapan sumber belajar, menjelaskan projek individu/kelompok, penyampaian materi, topik, dan kegiatan yang akan dilakukan, mengerjakan projek, dan melakukan refleksi. 3) evaluasi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5 PPRA) kelas yaitu mengevaluasi proses selama pelaksanaan projek dan penilaian pada rapot.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; kurikulum merdeka; P5 PPRA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:28 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26618 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year