Analisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas IV MI Al-Hikmah Gayamsari tahun ajaran 2023/202
Nafia, Rahma Alifa (2024) Analisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas IV MI Al-Hikmah Gayamsari tahun ajaran 2023/202. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096098_RAHMA_ALIFA_NAFIA]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096098_Rahma Alifa Nafia_Full Skripsi - Rahma Alifa Nafia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
MI Al-Hikmah Gayamsari merupakan salah satu sekolah piloting kurikulum merdeka di Semarang. Diterapkannya kurikulum merdeka menjadikan beberapa perubahan dalam sistem pembelajaran di sekolah. Perubahan tersebut diantaranya adalah RPP diganti menjadi modul ajar, istilah KI diganti menjadi CP, dan mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS, proses pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS, dan asesmen implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas IV MI Al-Hikmah Gayamsari. Penelitian deskripstif kualitatif ini menggunakan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada pembelajaran di kelas IV MI Al-Hikmah Gayamsari terdiri dari analisis capaian pembelajaran oleh guru, penyusunan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran kemudian dituangkan ke dalam modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas IV MI Al-Hikmah Gayamsari terdiri dari tahap pendahuluan, proses pelaksanaan dan penutup. Di dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan literasi serta pendekatan kontekstual pada siswa. Namun pembelajaran berdiferensiasi belum terlaksana. Asesmen kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di MI Al-Hikmah Gayamsari terdiri dari asesmen formatif dan sumatif. Asesmen formatif diberikan guru di akhir pembelajaran IPAS pada setiap pertemuan. Asesmen sumatif dilakukan saat penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Kurikulum Merdeka; Pembelajaran; IPAS. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:45 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26620 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year