Upaya guru dalam peningkatan hafalan al-qur’an dengan metode takrir siswa kelas V MI As Salam Teluk Karangawen Demak

Adawiyah, Rizqy Robiatul (2024) Upaya guru dalam peningkatan hafalan al-qur’an dengan metode takrir siswa kelas V MI As Salam Teluk Karangawen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096096_Rizqy R.A_Lengkap] Text (Skripsi_1803096096_Rizqy R.A_Lengkap)
Skripsi_1803096096_Rizqy R.A_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Proses dalam menghafal al-Qur’an, kemampuan seseorang berbeda-beda. Ada orang yang sangat mudah menghafal, di sisi lain ada orang yang sangat sulit menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui upaya guru dalam peningkatan hafalan al-Qur’an dengan metode takrir siswa kelas V di MI As Salam Teluk Karangawen Demak Tahun Pelajaran 2021/2022 serta faktor pendukung dan penghambat, Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Upaya guru dalam peningkatan hafalan al-Qur’an siswa kelas V MI As Salam Teluk Karangawen Demak dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas adalah memberikan motivasi kepada siswa, menuntun menghafal ayat demi ayat, membenarkankan bacaan, takrir sendiri, takrir hafalan di hadapan guru, takrir dalam sholat dhuha, dan takrir bersama setelah sholat dhuha. Faktor pendukung Proses Hafalan al-Qur’an dengan Metode Takrir yaitu alokasi waktu yang memadahi dan motivasi yang diberikan kepada siswa. Sedangkan faktor penghambat Proses Hafalan al-Qur’an dengan Metode Takrir yaitu Kemampuan siswa yang tidak sama, adanya rasa malas pada diri siswa, kurangnya dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Hafalan al-Qur’an; Metode takrir
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:08
Last Modified: 12 Jun 2025 03:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26622

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics