Pengaruh metode talaqqi teradap motivasi menghafal Al-Qur’an Juz 30 siswa kelas 4 MI Ianatus Shibyan Kecamatan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2022/2023

Rahmawati, Milla Syarifah Sinung (2024) Pengaruh metode talaqqi teradap motivasi menghafal Al-Qur’an Juz 30 siswa kelas 4 MI Ianatus Shibyan Kecamatan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096119_Miladia Nur andriani_Lengkap] Text (Skripsi_1803096119_Miladia Nur andriani_Lengkap)
Skripsi_1803096119_Miladia Nur andriani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya motivasi siswa kelas 4 dalam menghafal Al-Qur’an telah menghambat mereka meraih target hafalan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menjaganya, seperti penerapan metode talaqqi yang dilaksanakan di MI Ianatus Shibyan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode talaqqi dalam melaksanakan hafalan Al-Qur’an.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan variabel bebas yaitu metode talaqqi (X), serta variabel terikat yaitu motivasi menghafal al-Qur’an Juz 30 (Y). Sampel penelitian ini adalah data 22 siswa kelas 4 MI Ianatus Shibyan. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi, Lalu dianalisis dengan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode talaqqi terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an Juz 30 siswa kelas. Hasil tersebut didapat dari uji t diketahui thitung = 4,071 berarti signifikan artinya hipotesis diterima, karena thitung= 4,071 > thitung (2,086) pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji menunjukkan bahwa fhitung = 16,571 berarti bersignifikan artinya hipotesis diterima, karena fhitung = 16,571 >ftabel (4,35) pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi metode talaqqi terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an juz 30 sebesar 45% dan sisanya sebesar 55% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode talaqqi; Motivasi; Hafalan Al-Qur’an; Juz 30; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:21
Last Modified: 12 Jun 2025 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26623

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics