Strategi yang diterapkan guru pada anak berkebutuhan khusus di MI Miftahus Shibyan Mijen
Utami, Deastuti Puji (2024) Strategi yang diterapkan guru pada anak berkebutuhan khusus di MI Miftahus Shibyan Mijen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_190306070_Deastuti Puji Utami_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_190306070_Deastuti Puji Utami_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Pendidikan adalah proses memperoleh pengetahuan, untuk meningkatkan keterampilan dengan harapan dapat memberikan keterampilan untuk hidup dalam masyarakat. Anak berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama, yaitu hak atas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis klasifikasi anak berkebutuhan khusus, strategi guru dalam menjelaskan materi pada anak berkebutuhan khusus serta hambatan guru dalam menyampaikan materi kepada anak berkebutuhan khusus di MI Mifthus Shibyan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan. Kedua guru menggunakan strategi yang membagi siswa menjadi kelompok kecil. Yaitu Discovery Learning dan Cooperative Learning. Terdapat 2 anak dengan mengalami slow learner Hambatan yang dimiliki guru adalah pemahaman anak berkebutuhan khusus yang menyebabkan guru tidak bisa mengejar materi, beberapa siswa normal khususnya di kelas 4 tidak mau berkelompok dengan anak berkebutuhan khusus, seringnya anak berkebutuhan khusus yang tidak mengerjakkan pekerjaan rumah (PR), beberapa perilaku menyimpang yang menyebabkan kegaduhan di kelas, emosi yang belum stabil, kurangnya fasilitas media pembelajaran secara elektronik, kurangnya dukungan dari wali murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi belajar; Anak berkebutuhan khusus; Cooperative learning |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:17 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26627 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year