Kreativitas guru dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 16 Semarang

Afifah, Siti Nur (2024) Kreativitas guru dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016088_Siti_Nur_Afifah] Text (Skripsi_2003016088_Siti_Nur_Afifah)
Skripsi_2003016088_Siti_Nur_Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil fokus permasalahan apa kreativitas guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Semarang? apa faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Semarang?
Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Mind research). Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kurikulum, dan siswa SMPN 16 Semarang. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini dapat diperoleh dari dokumen, arsip, buku-buku literatur dan media alternatif lainnya. Kemudian dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh yaitu 1) kreativitas guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 16 Semarang yaitu a). kemerdekaan guru merancang dan menyiapkan modul ajar yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan peserta didik, b). Menekankan penguatan profil pelajar Pancasila, c). Mengembangkan karakter dan moral peserta didik melalui proyek, d) menerapkan model dan metode yang bervariasi, e). Menggunakan media belajar yang beragam, f). Menerapkan asesmen auntentik yang tidak hanya hasil yang dilihat namun juga prosesnya, 2) Faktor pendukung, meliputi: tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai, Adanya kegiatan yang dilakukan sekolah yaitu guru berbagi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, 3) Faktor penghambat, yaitu adanya perbedaan karakter peserta didik dan kurang disiplin dalam membagi waktu antara mengajar dengan jam kegiatan projek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru; Kurikulum Merdeka; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:02
Last Modified: 16 Jun 2025 01:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26634

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics