Analisis strategi guru dalam menghadapi peserta didik yang mengalami learning loss di MI Hassanudin Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024

Zahra, Rahmah Makrifatus (2024) Analisis strategi guru dalam menghadapi peserta didik yang mengalami learning loss di MI Hassanudin Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096001_Rahmah Makrifatus Zahra_Lengkap] Text (Skripsi_2003096001_Rahmah Makrifatus Zahra_Lengkap)
Skripsi_2003096001_Rahmah Makrifatus Zahra_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk-bentuk learning loss, strategi guru menghadapinya, dan faktor-faktor pendukungnya. Penelitian ini dilakasanakan di MI Hassanudin Kota Semarang, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan validasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk learning loss yang dialami oleh peserta didik kelas 3 dan 4 mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pada aspek kognitif peserta didik mengalami penurunan prestasi belajar, pada aspek afektif peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, dan pada aspek psikomotorik peserta didik kehilangan keterampilan belajar. Faktor pendukung learning loss meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah rendahnya minat belajar, kondisi fisik dan psikologis peserta didik, sedangkan faktor eksternalnya adalah terbatasnya akses peserta didik terhadap sumber belajar dan sarana prasarana, tidak optimalnya interaksi antara guru dengan peserta didik, serta kurang dukungan orangtua. Strategi guru untuk mengatasi peserta didik yang mengalami learning loss adalah dengan melakukan perencanaan sebelum pembelajaran dimulai, seperti membuat RPP dan modul ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi peserta didik, melakukan penilaian formatif serta memberikan fasilitas berupa bimbingan khusus kepada peserta didik setelah pulang sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Learning loss; Strategi guru; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:17
Last Modified: 16 Jun 2025 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26640

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics