Penerapan pembelajaran demonstrasi dalam pembuatan batik ecoprint untuk menumbuhkan kreativitas anak kelas 3C MIN Kota Semarang
Wahidah, Nur Zahrotul (2024) Penerapan pembelajaran demonstrasi dalam pembuatan batik ecoprint untuk menumbuhkan kreativitas anak kelas 3C MIN Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003096002_Nur Zahrotul Wahidah_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003096002_Nur Zahrotul Wahidah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran demonstrasi dalam pembuatan batik ecoprint di kelas 3C MIN Kota Semarang. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab rumusan masalah tentang 1) bagaimana penerapan pembelajaran demonstrasi dalam pembuatan ecoprint . 2) bagaimana strategi yang digunakan untuk menumbuhkan kreativitas dalam membuat batik anak kelas 3C MIN Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran demonstrasi dalam pembuatan batik ecoprint dengan teknik pounding untuk menumbuhkan kreativitas anak kelas 3C MIN Kota Semarang, anak tertarik pada kegiatan kreatif membuat batik ecoprint. Dari pembelajaran demonstrasi untuk melihat tingkat kreativitas yang dimiliki siswa, peneliti menggunakan strategi 4P, yaitu pribadi, pendorong, proses, dan produk. Dilihat dari kepribadian siswa, melalui kegiatan observasi dan wawancara yang peneliti lihat yaitu dari kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian produk yang diciptakan. Kedua yaitu guru juga perlu memberikan dorongan berupa motivasi. Ketiga yaitu proses, guru memberikan kebebasan pada siswa untuk berkreasi. Terakhir yaitu produk, produk kreatif adalah produk baru. Batik ecoprint ini merupakan hal baru yang dilakukan oleh anak kelas 3C.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas; Batik ecoprint; Strategi 4P |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:24 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26641 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year