Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education ) berbantu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi volume bangun ruang kubus kelas V MI NU 10 Sudipayung Kendal
Zaman, Maulana Qoddarullah (2024) Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education ) berbantu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi volume bangun ruang kubus kelas V MI NU 10 Sudipayung Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003096016-MAULANA QZ -SKIPSI - Maulana Zaman]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096016-MAULANA QZ -SKIPSI - Maulana Zaman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas V MI NU 10 Sudipayung Kendal yaitu pembelajaran yang dilakukan guru belum memunculkan seluruh kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki setiap siswa sehingga siswa masih rendah dalam kemampuan berpikir kreatif. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) terhadap kemampuan berpikir kreatif berbantu LKPD (Lembar Kerja Siswa) Pada Materi Volume kubus.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk Pra-Eksperimental. Khususnya dengan jenis desain One Group Pretest Post-test Design yang terdiri dari 17 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini berusaha menjawab persoalan yang terangkum dalam rumusan masalah, yakni menentukan efektivitas Pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) berbantu LKPD sebagai sarana pemahaman materi Volume kubus pada mata pelajaran Matematika kelas V di MI NU 10 Sudipayung Kendal.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes terdiri dari Pre-test yang memiliki rata-rata nilai 42 dengan persentase kelulusan 12 % sedangkan Post-test yang rata-rata nilai 69 dengan persentase kelulusan mencapai 59% . perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% pada penelitian ini diperoleh thitung = 11,82 dan ttabel = 1,69. Karena thitung >ttabel maka Ho ditolak. pada Uji n-gain diperoleh nilai 0,5 dengan Persentase. N-gain mencapai 47,6% dikategorikan Sedang .
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) pada materi Volume kubus efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MI NU 10 Sudipayung Kendal,
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan RME (Realistics Mathematics Education); Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:18 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26644 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year