Pengaruh persepsi siswa tentang punishment terhadap sikap disiplin pada kelas X di MA Al Musyaffa’ Mijen Semarang

Budyawati, Arofatul Afiah (2024) Pengaruh persepsi siswa tentang punishment terhadap sikap disiplin pada kelas X di MA Al Musyaffa’ Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016101_Arofatul_Afiah_Budyawati] Text (Skripsi_2003016101_Arofatul_Afiah_Budyawati)
Skripsi_2003016101_Arofatul_Afiah_Budyawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi siswa tentang punishment terhadap sikap disiplin siswa. Persepsi tentang punishment diartikan sebagai pandangan atau pemahaman siswa mengenai hukuman yang diterapkan di sekolah, sementara sikap disiplin mencakup kepatuhan siswa terhadap aturan atau tata tertib dan norma yang berlaku. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjawab rumusan masalah pada skripsi ini yaitu ; 1) bagaimana persepsi siswa tentang punishment pada kelas X di MA Al musyaffa' 2) bagaimana tingkat disiplin siswa di MA Al Musyaffa, 3) apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang punishment terhadap sikap disiplin siswa di MA Al Musyaffa' Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 59 anak, dan pemilihan sampel menggunakan teknik probability random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observassi dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisia statistik deskriptif menunjukan bahwa persepsi siswa tentang punishment pada kelas X di MA Al Musyaffa’ Mijen Semarang dalam hasil analisis angket berada dalam kategori “baik” dengan nilai mean sebesar 83 dan sikap disiplin siswa pada kelas X di MA Al Musyaffa’ Semarang pada hasil analisis angket siswa berada pada kategori “cukup baik” dengan nilai mean sebesar 84. Analisis regresi linear sederhana menghasilkan nilai t hitung sebesar 4,860, nilai t hitung tersebut lebih besar dari t tabel (1,676). Dengan demikian keputusan uji hipotesisnya adalah tolak Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi punishment berpengaruh signifikan terhadap sikap disiplin siswa. Dan Model regresi yang dihasilkan adalah Ŷ= 20,727 + 0,769 X, sehingga dapat dikatakan bahwa koefisien regresi variabel persepsi siswa tentang punishment memiliki nilai positif (0,769), oleh karena itu jika persepsi siswa tentang punishment meningkat maka sikap disiplin siswa juga meningkat. Dengan kata lain semakin tinggi persepsi siswa tentang punishment semakin tinggi pula sikap disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Siswa; Punishment; Disiplin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:12
Last Modified: 16 Jun 2025 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26645

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics