Pengembangan handout berbasis pendekatan matematika realistis materi bangun datar untuk kelas V SD Muhammadiyah plus Semarang tahun ajaran 2023/2024
Mujidah, Nur Izzatul (2024) Pengembangan handout berbasis pendekatan matematika realistis materi bangun datar untuk kelas V SD Muhammadiyah plus Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096097_NUR_IZZATUL_MUJIDAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096097_Nur Izzatul Mujidah_Full Skripsi - NUR IZZATUL MUJIDAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan handout berbasis pendekatan matematika realistis materi bangun datar untuk kelas V SD/MI. Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman peserta didik dalam pelajaran matematika dan sumber belajar belum dikembangkan sesuai kebutuhan peserta didik. Handout matematika berbasis pendekatan matematika realistis diharapkan mampu memudahkan peserta didik belajar mandiri dalam memahami konsep matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan handout berbasis pendekatan matematika realistis pada materi luas dan keliling bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode jenis Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan berdasarkan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan angket tanggapan peserta didik dengan skala 1-5. Validasi handout dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kepraktisan handout dilakukan dengan pengisian angket tanggapan melalui uji coba kelompok kecil kepada 10 peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Plus dengan tingkatan kemampuan yang berbeda.
Hasil kelayakan handout berdasarkan ahli materi mendapat rata-rata 4,66 dengan kategori sangat layak, sedangkan ahli media memperoleh rata-rata 4,28 dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan handout melalui uji coba kelompok kecil mendapat rata-rata 4,5 dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout; Pendekatan Matematika Realistis; Bangun Datar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26649 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year