Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pesantren dan kitab kuning di Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya Al-Itqon Kendal

Rizkiani, Fitriyan (2024) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pesantren dan kitab kuning di Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya Al-Itqon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016104_Fitriyan_Rizkiani] Text (Skripsi_2003016104_Fitriyan_Rizkiani)
Skripsi_2003016104_Fitriyan_Rizkiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam di sekolah berpengaruh besar pada kepribadian siswa, terutama di tengah kemajuan teknologi. Anak-anak dan remaja membutuhkan bimbingan agama, khususnya dalam akhlak, dan. model pendidikan berbasis pesantren merupakan salah satu solusinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pesantren dan kitab kuning di Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya Al-Itqon Kendal. Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis pesantren dan kitab kuning di Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya Al-Itqon Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang sumber datanya diambil dari wawancara dengan kepala direktur, waka kurikulum, guru agama Islam serta siswa,kemudian juga dilengkapi data sekolah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Untuk analisi datanya menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil dari penelitian ini pertama, SPM Ulya Al-Itqon menggunakan kurikulum pesantren muadalah salafiyah, tujuan dari pembelajarannya adalah untuk tafaqquh fiddin. Metode yang digunakan adalah bandongan, sedangkan materinya diambil dari kitab kuning. Kedua, dalam pembelajaran guru membuat perencanaan berupa silabus, dan kegiatan pembelajarannya bukan hanya KBM dipagi hari tetapi diintegrasikan dengan kegiatan pesantren, sedangkan evaluasi pembelajaran terdiri dari tes tertulis dan hafalan juga nilai sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Berbasis Pesantren; Satuan Pendidikan Muadalah (SPM)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:45
Last Modified: 16 Jun 2025 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26650

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics