Pengaruh model discovery learning berbantuan worksheet pada pembelajaran pendidikan pancasila materi norma dan aturan terhadap hasil belajar siswa kelas 4 MI Taufiqiyah Semarang

Wulandari, Monica Astri (2024) Pengaruh model discovery learning berbantuan worksheet pada pembelajaran pendidikan pancasila materi norma dan aturan terhadap hasil belajar siswa kelas 4 MI Taufiqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2003096094_MONICA_ASTRI_WULANDARI] Text (SKRIPSI_2003096094_MONICA_ASTRI_WULANDARI)
2003096094_Monica Astri Wulandari_FULL SKRIPSI - Monica Astri Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Model Discovery learning berbantuan Worksheet pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Norma dan Aturan Kelas 4 MI Taufiqiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dan menggunakan penelitian jenis Eksperimen. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain control group pretest postest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 MI Taufiqiyah Semarang. Sampel yang dipergunakan adalah kelas 4B sebanyak 25 siswa sebagai kelas control dan kelas 4C sebanyak 25 sebagai kelas Eksperimen. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Model Discovery learning berbantuan Worksheet Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Norma dan Aturan Terhadap Hasil Belajar Siswa yang dibuktikan dengan nilai uji sample t-test hasil belajar diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2,679 dengan t-tabel 2,060 (terlampir) yang artinya bahwa t-hitung > t-tabel berarti H0 ditolak dan Ha diterima (terdapat pengaruh) dan nilai r biserial sebesar 0,625 dengan kategori kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Worksheet; Discovery learning; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:51
Last Modified: 17 Jun 2025 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics