Implementasi karakter bernalar kritis dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada kurikulum merdeka di kelas IV MI Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2023/2024

Rahmasari, Mahardika ‘Afiifah (2024) Implementasi karakter bernalar kritis dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada kurikulum merdeka di kelas IV MI Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2003096093_MAHARDIKA_AFIIFAH_RAHMASARI] Text (SKRIPSI_2003096093_MAHARDIKA_AFIIFAH_RAHMASARI)
2003096093_Mahardika _Afiifah Rahmasari_Tugas Akhir - Mahardikaars 23.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) implementasi karakter bernalar kritis dalam pembelajaran pendidikan Pancasila, (2) faktor penghambat implementasi karakter bernalar kritis dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV B MI Negeri 3 Tegal. Penelitian ini dilatar belakangi karena mengikisnya karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa. Melalui pembelajaran pendidikan Pancasila diharapkan siswa memiliki karakter bernalar kritis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik yang dianalisis menggunakan analisis induktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi karakter bernalar kritis dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV B akan tercipta jika dalam proses pembelajaran menggunakan pembiasaan dan pendekatan serta tercipta suasana belajar yang menyenangkan, sehingga siswa akan merasa nyaman dan memiliki nalar kritis. (2) faktor penghambat implementasi karakter bernalar kritis dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV B terletak pada kebiasaan di lingkungan, kondisi fisiologis dan kondisi psikologis pada siswa. Akan tetapi hal ini dapat diperbaiki melalui pendekatan khusus kepada siswa supaya memiliki karakter bernalar kritis. Faktor penghambat lain yang terjadi pada MI Negeri 3Tegal adalah tidak mendapatkan sosialisasi secara terstruktur mengenai pengimplementasian kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter Bernalar Kritis; Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:11
Last Modified: 17 Jun 2025 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26659

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics